Akibat Kabel Mesin Pasrah Kayu Terkelupas, Tewaskan Bapak Samian

Polres Pasuruan Kota – Pada hari Rabu tanggal 22 Pebruari 2017 sekitar Pukul 17.30 di Dusun Baran Desa Karang Kliwon kec.  Grati kab.  Pasuruan. Seorang warga desa karangkliwon kec.grati An. Bpk. Samian, 40 th, pekerjaan wiraswasta/ perajin meubel, alamat Dsn. Baran RT. 1 RW. 4 Ds. Karangkliwon Kec. Grati Kab. Pasuruan. Telah meninggal dunia akibat tersengat listrik/Kesetrum.

Awal mula kejadian tersebut Bpk. Samian melakukan aktifitas sehari hari sebagai perajin mebel, pada saat mengerjakan pintu kayu menggunakan alat /mesin pasrah kayu biasa disebut mesin profil (gunakan listrik) tiba-tiba korban tersengat arus listrik dan terpelanting hingga tak sadar diri. Melihat Sdr. Samian tersetrum, istrinya berteriak minta tolong kepada tetangga sekitar, selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Grati, namun nyawanya tidak tertolong/ Meninggal dunia.

Atas kejadian tersebut kemudian keluarga dan perangkat desa melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Grati dan ke pihak PLN dengan maksud agar petugas PLN segera memeriksa listrik yang mengalir ke rumah korban apakah ada arus pendek yg mengalir ke rumah korban, hingga menyebabkan korban tersetrum dan meninggal dunia.

Hasil pemeriksaan dari Pihak PLN diketahui bahwa tidak ada arus pendek/konsleting listrik yg mengalir ke rumah korban, Selanjutnya pihak PLN melakukan pemeriksaan. terhadap alat profil kayu yg digunakan oleh korban sebelum meninggal dunia, dan diketahui bahwa kabel dari alat profil tersebut terkelupas dan menempel ke besi mesin profil kayu, arus listrik yang menempel ke besi profil kayu selanjutnya bersentuhan/ kontak langsung dengan tangan korban pada saat alat tersebut di gunakan oleh korban, yg menyebabkan Sdr. Samian tersengat arus listrik hingga meninggal dunia.

Selanjutnya, Pihak keluarga tidak menuntut kejadian tersebut secara hukum dan tidak berkenan/tidak mengizinkan jenazah Sdr.  Samian untuk dilakukan outopsi, pihak keluarga sudah menyadari dan menerima bahwa kejadian tersebut adalah murni sebagai musibah dan takdir dari ALLAH Swt.
Selanjutnya keluarga korban membuat surat pernyataan tidak menuntut kejadian tersebut secara hukum, dan tidak berkenan jenazah sdr.  Samian dilakukan outopsi.  Surat pernyataan di tanda tangani oleh istri Sdr. Samian, mengetahui kepala desa dan perangkat desa serta saksi dari tokoh agama, tokoh masyarakat desa karang kliwon.

(Indah/Humas)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*